Senin, 28 September 2020

Sektor Ekonomi Dalam Masa Pandemi

Reporter: Vera Sintya Dwiyanti


Editor: Novianita Sari

      Virus corona pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada bulan Desember 2019. Virus ini menular dengan sangat cepat dan telah menyebar ke hampir semua negara, termasuk Indonesia. Hal tersebut membuat beberapa negara menerapkan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus tersebut. 

      Menyikapi kasus ini pemerintah Indonesia membuat berbagai kebijakan. Mulai dari penerapan Work From Home (WFH), sosial distancing, physical distancing, sampai diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai daerah.

      Dampak dari pandemi virus corona merabah ke segala aspek terutama pada sektor perekonomian negara Indonesia sehingga pertumbuhan ekonomi menjadi sangat tidak stabil. Saat ini perekonomian Indonesia sedang mengalami tekanan yang berat, baik dari sisi penerimaan maupun pengeluaran negara. Konsumsi dan investasi sangat menurun, penerimaan APBN berkurang, sementara pengeluaran terus bertambah untuk penanganan wabah dan penambahan jaminan sosial. 

      Terhambatnya aktivitas perekonomian secara otomatis membuat pelaku usaha melakukan efesiensi untuk menekan kerugian. Akibatnya banyak pekerja yang dirumahkan atau bahkan diberhentikan (PHK). Perusahaan hanya akan merekrut tenaga kerja yang memiliki produktivitas tinggi dan mampu mengerjakan beberapa tugas sekaligus (multitasking).

      Seiring dengan teknologi yang semakin canggih, lapangan pekerjaan akan berubah menjadi sektor robottik dan tenaga manusia sudah tidak lagi difungsikan. Lapangan usaha yang akan berkembang selama pandemi covid-19 adalah usaha yang berhubungan dengan teknologi. Tenaga kerja yang dibutuhkan juga adalah tenaga yang memiliki kemampuan di bidang teknologi. Jika sebelumnya pekerja diharapkan untuk bekerja di tempat kerja, maka selama pandemi ini pekerja harus beradaptasi dengan penerapan Work From Home (WFH). 
 
      Perubahan tidak akan terjadi dengan berdiam diri dan menunggu berakhirnya pandemi ini. Perekonomian ditengah tantangan pandemi telah digulirkan agar perekonomian Indonesia dapat bergerak dan produktivitas masyarakat dapat pulih kembali. Masyarakat harus berperan secara aktif dengan menaati protokol kesehatan.

0 komentar:

Posting Komentar