Senin, 28 September 2020

Peran Mahasiswa Sebagai Tonggak Perubahan Bangsa

Reporter: Abdurahman Arianto 


Editor: Novianita Sari


Mahasiswa adalah sebutan bagi orang yang sedang menempuh pendidikan tinggi di sebuah perguruan tinggi yang terdiri dari sekolah tinggi, akademi, dan yang paling umum adalah universitas. Sebagai mahasiswa tentunya mereka memikul beban dan tanggug jawab yang cukup berat, bagaimana tidak, pasalnya sebagai mahasiswa harus mampu memberikan contoh hal yang lebih baik di kalangan masyarakat maupun khalayak umum. Sebagai mahasiswa kita juga dituntut agar lebih kritis dalam menyikapi sebuah masalah, agar dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan tidak emosi. 

Di perguruan tinggi sendiri banyak tipologi mahasiswa, ada yang hedonis, akademis, agamis,apatis dan aktivis. Apapun tipologi mahasiswa yang sedang mereka jalani tentunya ada baik dan buruknya di setiap sisi dan yang terpenting alangkah baiknya tidak menjadi mahasiswa yang kupu-kupu atau bisa di sebut kuliah pulang tanpa bersosialisasi dalam lingkungan kampus, karena ketika sifat kita yang acuh dan tidak mau tahu tentang apapun akan menjadikan diri kita terjebak dalam zona yang merugikan, karena ketika nantinya kita sudah menyandang S1 maka mahasiswa tersebut harus mampu membawa perubahan dimanapun mereka berada.   

Sebagai mahasiswa tentunya mempunyai peran yang akan mereka bawa di masyarakat nanti, meskipun dalam perguruan tinggi kita sangat pintar dalam akademis, sangat pandai dalam bersosial, ketika nantinya kita kembali ke kampung halaman harus kembali lagi ke titik nol, dimana kita harus belajar kembali bagaimana struktural masyarakat dan bersosialisasi di masyarakat, karena apa?, karena ketika kita kembali ke masyarakat dan langsung terjun di sana, maka mahasiswa tersebut akan bertindak seenaknya sendiri dan akan terus memberi argumen yang entah di sadari atau tidak belum tentu di terima di masyarakat, maka dari itu kita harus kembali lagi ke nol dan harus belajar lagi ketika kita kembali ke kampung halaman atupun dimanapun kita berada, dan harus bisa mengontrol emosionalnya agar tetap layak menjadi seorang yang terpelajar. 

Peran mahasiswa yang nantinya akan dipikul ialah peran sebagai agen of changel, agen of innovasi, agen of control. Sebagai agen perubahan tentunya mahasiswa akan dituntut lebih sebagai pembawa perubahan dalam bangsa kita, perubahan apa yang akan dilakukan itu menjadi PR mahasiswa yang nantinya akan menyandang gelar S1, apapun perubahan yang di bawa mahasiswa semoga saja perubahan tersebut menyangkut banyak orang yang termotivasi, bukan saja menjadi agen perubahan, sebagai mahasiswa harus pandai juga menjadi contol sosial dimasyarakat dan di lingkungan dimanapun mereka berada, dengan menjadi agen control sosial diharapkan masalah-masalah yang ada dapat mereka control dengan baik dan bijaksana. 

Marilah kita sebagai mahasiswa yang diharapkan oleh masyarakat dan bangsa kita ini, bisa menjadi mahasiswa yang menerapkan peran dan fungsinya sehingga bisa menjadi penerus bangsa. Terlebih lagi, untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat dan bisa menyuarakan aspirasinya dalam menghadapi problematika yang sedang terjadi di lingkungan masyarakat. Mulai belajar mengemban amanah dengan baik, bertanggu jawab, berusaha mengelola masalah dengan bijak, dan mengambil keputusan secara tepat serta bisa mengelola lingkungan yang ada di sekitarnya. (*)

0 komentar:

Posting Komentar