Senin, 28 September 2020

Dilema Pendemi Covid-19 Dan Pembelajaran Jarak Jauh (Daring)

Reporter: Abdurahman Arianto


Editor: Novianita Sari

      Pandemi Covid-19 muncul pertama kali di bulan Februari, dan kasus positif pertama berada di Wilayah Jawa Barat tepatnya di Bandung. Akibat dari kasus positif tersebut pemerintah langsung tanggap dalam mengambil tindakan, dan tindakan yang diambil diranah pendidikan adalah melakukan pembelajaran jarak jauh, sehingga menimbulkan berbagai kebijakan yang ada di dunia Perguruan Tinggi (PT). Salah satu kebijakan yang diambil adalah Kuliah Daring, alasannya adalah dengan salah satu cara menekan virus tersebut (Khususnya Covid-19) dengan membatasi ruang pertemuan, maka kuliah daring menjadi alternatif. Tak ada pilihan lain, mau meliburkan tentu tidak mungkin. Tentu itu sangat aneh. Apakah hanya gara-gara Covid-19 kuliah libur? Kebijakan Pemerintah untuk mengurangi pertemuan bisa dilaksanakan, tetapi kuliah tetap ada. Maka, kuliah dari lah menjadi salah satu solusi alternatif. 

      Yang menjadi pertanyaan sekarang, apakah sedemikian mudah melaksanakan kuliah daring?. Tentunya bagi mahasiswa yang sekarang berada di era 4.0 mau tidak mau mereka harus tanggap terhadap teknologi, tidak usah diragukan lagi mahasiswa sekarang, bahkan kebanyakan dari mereka untuk mencari bahan tugas kuliah mengandalkan dari teknologi dan beberapa referensi dari buku, bukan saja mahasiswa dosen pun akan dituntut untuk mahir dalam teknologi agar dapat mengoptimalkan pembelajaran jarak jauh (daring), tentunya dosen yang masih belum faham tentang teknologi atau bisa di sebut dengan gaptek, akan cukup sulit untuk melakukan pembelajaran jarak jauh, jadi apakah mudah melakukannya? Kalau dibilang mudah bisa sangat mudah, karena apa? Mahasiswa cukup mengikuti metode dosen dalam kuliah, jadi tidak cukup sulit untuk melaksanakannya.

      Lalu yang menjadi salah satu hambatan bagi para mahasiswa itu sendiri, mereka akan melaksanakan daring dimana? Apakah akan dilakukan dirumah? Bisa saja dilakukan dirumah tetapi perlu diingat pembelajaran daring ini membutuhkan kecepatan akses cukup tinggi, jadi bisa bagi mereka untuk melakukan pembelajaran daring dirumah bilamana rumahnya terpasang wifi, akan cukup sulit bagi mahasiswa yang tinggal di pedesaan, tentunya kuota internet saja tergantung pada signal yang ada, mau tidak mau mereka harus mencari wifi guna mengoptimalkan dalam mengikuti kuliah daring.

      Jadi sekarang apakah sudah efektif dalam mengambil kebijakan kuliah daring? Kalau dibilang sangat efektif tentunya tidak bisa, karena jauh lebih efektif tatap muka daripada daring, tetapi mau tidak mau keadaan yang menuntut diadakannya kuliah daring, dengan mempertimbangkan kesehatan masyarakat pilihan pembelajaran jarak jauh (daring) tentunya cukup efektif, tinggal bagaimana seorang dosen mengemas materi dan dapat diterima dengan maksimal oleh mahasiswa.(*)

0 komentar:

Posting Komentar