Selasa, 29 September 2020

Mahasiswa STIEKIA Raup Dana Hibah Dua Proposal PHP2D Dari Kemendikbud

Reporter: Novianita Sari, Vera Sintya Dwiyanti

Editor: Novianita Sari



Prestasi baru dicetak oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJA) dan Gabungan Mahasiswa Ilmiah (GMAIL) dengan lolosnya proposal PHP2D Tahun 2020 yang didanai oleh kemendikbud. PHP2D merupakan kegiatan pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa melalui 
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atau Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

Salah satu mahasiswi dari penerima program PHP2D perwakilan HMJ Akuntansi, Maret Athin Mubaidlo‟ah menjelaskan bahwa konsep dari kegiatan pengabdian masyarakat kami yaitu kegiatan budidaya 
maggot semacam telur dari lalat begitu. Karena untuk pakan lele dan ternak lain dipikir sangat prospek. Lele diminati masyarakat, serta diharapkan dari program ini adalah bisa membatu menjadikan Desa Sukowati sebagai Desa Bisnis di Bojonegoro.

Budidaya lele ini nantinya tidak usah membelikan makanan apapun karena maggot juga kaya akan protein sehingga bagus untuk konsumsi lele. Karena maggot ini nantinya akan digunakan sebagai makanan dari lele itu sendiri.

Di sisi lain, ada pula dari Ketua Gabungan Mahasiswa Ilmiah (GMAIL), Nurrahman Luckysyah yang menjelaskan pemilihan judul tentang Pengadaan Pelatihan Tanaman Hidroponik Dalam Upaya Ketahanan Pangan Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Ngrejeng, Purwosari, Bojonegoro. 

“Jadi awal mengapa saya dan teman-teman memilih tentang hidroponik itu karena kita cari ide yang kira￾kira unik, bisa sangat bermanfaat di desa tersebut, dan kekinian karena hidroponik yang kita terapkan itu 
hidroponik tanaman pakcoy. Karena tanaman itu kan lagi viral jadi kita memilih tanaman tersebut. Terus alasan mendasar lainnya adalah karena sekarang masa pandemi covid-19, kita berfikir bahwa bagaimana suatu desa bisa menciptakan ketahanan pangan di desa tersebut dengan pemberlakuan masa karantina di rumah masing-masing. Kalau kita ke pasar tidak mungkin karena nanti akan menciptakan klaster baru”. Ucap Ketua Gmail ini.

Sementara itu, Ketua STIEKIA Bojonegoro Drs. Tri Suwarno, SH., MM sangat mengapresiasi atas capaian dari mahasiswa dan berharap prestasi semacam ini bisa ditingkatkan agar STIEKIA Bojonegoro bisa dikenal luas masyarakat Bojonegoro maupun Nasional dengan prestasi-prestasi yang membanggakan untuk Kabupaten Bojonegoro. 

Keberhasilan mahasiswi ini pasti menjadi kebanggaan sekaligus mengharumkan almamater STIEKIA. Mereka sudah membuktikan kualitas dan mutu mahasiswa STIEKIA tidak kalah dengan Perguruan Tinggi lainnya. (*)



0 komentar:

Posting Komentar