Selasa, 29 September 2020

Hidup Itu Lucu

Editor: Novianita Sari

Identitas Buku: 
Judul : Hidup Itu Lucu 
Penulis : Michael J. Fox 
Penerbit : PT Mizan Pustaka 
Isi : 136 halaman 
Terbit : 2011 
Peresensi: M. Alifka Rizky 

     Bisa dibilang buku ini adalah buku yang mengingatkan bahwa kau tidak membutuhkan buku. Maksudnya, kau tidak membutuhkan buku yang menggurui apa yang kau butuhkan. Yang kau lakukan disini adalah mengemukakan beberapa hasil pengamatan berdasarkan pengalaman hidupmu sendiri dan menyusunnya untuk menjawab pertanyaan yang lebih luas. 

     

     Apakah pendidikan itu? Apakah sekolah selama dua belas tahun lebih itu telah berhasil memberi bekal bagi masa depanmu? 

     Ada suatu cerita seoarang Dosen yang mengajar dan membawa sebuah kardus, lalu Ia mengeluarkan sebuah toples, lalu mengisinya dengan sebuah batu-batuan besar. Lalu menanyakan apakah toples itu penuh, serontak mahasiswa menjawab iya. Kemudian Sidosen mengeluarkan pasir dan mengisikannya ke toples tadi, dan menanyakan pertanyaan yang sama dan jawaban yang diterimapun sama, dan mengeluarkan sebuah minuman kaleng berisikan soda dan mengisikannya ke toples dan menanyakan suatu hal yang sama tadi ke mahasiswanya, jawabanyapun masih sama. Artinya batu tadi adalah keluargamu dan pasir adalah ha-l-hal sepele, dan minuman kaleng adalah bagian dari kesenanganmu belaka. Jadi kau harus tau yang mana yang harus didahulukan. 

     Aku merasa cukup beruntung dan tidak beruntung karena telah menerima pendidikan yang luar biasa lengkap, meskipun tidak terstruktur, dan sering tanpa kucari. Aku hanya menjadi murid yang patuh dan rajin, kalau bukan SMA Jungkir-Balik, pastilah Universitas Alam Raya. Aku tidak memilih pelajaran- pelajaran itu, merekalah yang memilihku. Dan, karena tidak ada matrikulasi resmi, maka tidak ada wisuda pula. Tetapi, tentu saja, ada banyak Ujian. 

KEUNGGULAN BUKU 
      Dalam buku ini sangat menginspirasi salah satunya sipenulis Michael J.Fox tidak tamat SMA, tetapi dia menerima gelar kehormatan dari sejumlah universitas. Didalam buku mengajarkan kerja keras, meraih apapun yang bisa diraih, dan mengoptimalkan kemampuan diri. 

KELEMAHAN BUKU 
      Alur cerita yang terkadang membingungkan 

KESIMPULAN 
      Buku ini memiliki kisah yang menginspirasi terutama penulisnya ngak tamat SMA, tetapi jadi aktor beken, lalu tiba-tiba kena penyakit parkinson‟s, tetapi tetap sukses!.(*)

0 komentar:

Posting Komentar